Selasa, 14 Februari 2012

1.Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi


*      Standar Kompetensi

Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang.
                                                                              

*      Kompetensi Dasar

1.1  Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

*      Indikator

1      Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi
2      Menemukan informasi di media cetak (buku, majalah, dsb) tentang perangkat teknolgi informasi dan komunikasi.
3      Mengamati tayangan peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan diberbagai bidang kehidupan.

A.    Pengertian
Teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari dua aspek yaitu teknologi informasi   dan  teknologi komunikasi. Teknologi  Informasi adalah segala hal yang berkaitan dengan  proses  manipulasi  dan  pemrosesan  informasi.  Sedangkan  Teknologi Komunikasi  adalah  segala  hal  yang  berkaitan  dengan  proses  menyampaikan  informasi dari pengirim ke penerima
1. Menurut Haag dan Keen (1996), teknologi informasi adalah seperangkat alat yang     digunakan untuk membantu tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan data.
2. Menurut  Martin  (1999),  teknologi  tak  hanya  terbatas  pada  teknologi  Komputer (hardware dan software) yang digunakan dalam pemrosesan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi
3. Menurut Williams dan Sawyer  (2003),  teknologi  informasi adalah penggabungan  komputasi  yaitu  komputer  dengan  jalur  komunikasi  berkecepatan  tinggi  yang  membawa data, suara dan video.
 
B.     Berbagai Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Berdasarkan  waktu  perkembangannya,  peralatan  teknologi  informasi  dan  komunikasi dibedakan menjadi dua  yaitu media  komunikasi  tradisional  (kuno) dan  modern.  Berikut  ini penjelasan  dari  macam-macam  media  komunikasi  baik  yang  tradisional  maupun  yang modern.

1      Media Komunikasi Tradisional (Kuno)
Ü  Asap Media komunikasi ini tergolong unik dan sangat populer digunakan oleh bangsa Indian di Amerika. Asap dapat digunakan untuk mengirimkan informasi rahasia kepada teman maupun lawan.
Ü  Kentongan Pada  masa  kerajaan,  kentongan  digunakan  untuk  menyampaikan  pesan dan perintah dari sang raja kepada rakyatnya. Meskipun  saat  ini  teknologi  sudah semakin  canggih,  namun  sebagian masyarakat  tidak  bisa meninggalkan media komunikasi  tradisional  ini  khususnya  di daerah  pedesaan  yang  digunakan  sebagai sarana  ronda  malam
Ü  Prasasti merupakan sumber sejarah penting untuk mengungkap peristiwa masa  lalu. Prasasti merupakan sumber dokumen  tertulis yang orisinil dan pasti  terjamin keasliannya sebagai peninggalan masa lalu.
Ü  Daun Lontar adalah  daun  dari  pohon  siwalan  yang  dikeringkan. Daun lontar dikenal juga sebagai daun pohon Nira. Daun lontar di pakai untuk menulis naskah dan kerajinan

2      Media Komunikasi Modern
Ü  Telegraf Alat  ini ditemukan oleh Samuel Finley Breese Morse, Sir William Cook, dan Sir Charles Wheatstone pada tahun 1837. Telegraf  adalah  alat  komunikasi  yang menggunakan  peralatan  listrik  untuk  mengirimkan dan  menerima  sinyal  sesuai  dengan  kode  dalam bentuk pulsa listrik
Ü  Telepon Selama  ini  yang  kita  kenal adalah Alexander  Graham  Bell  sebagai  penemunya.  Sebenarnya  bukan,  setelah berbagai kontroversi dan pengakuan para ilmuan jaman dulu, mulai dari Elisha Gray (Amerika), Philipp Reis (Jerman), dan Alexander Graham Bell (Amerika) ternyata dalam sebuah kongres di Amerika Serikat menyatakan bahwa yang menemukan  pesawat  telepon  adalah  seorang  berkebangsaan  Italia  yang bernama Antonio Meucci (Dikutip dari Detikinet.com)
Ü  Televisi Televisi diciptakan berawal dari ditemukannya cakram metal (logam kecil) yang berputar dan memiliki banyak lubang oleh Paul Nipkov sekitar tahun 1883.
Ü  Telepon Genggam (Handphone) Awal  telepon  dibuat  hanya  terbatas  pada  telepon  tetap  (fxed  line telephone). Namun  sejak  3 April  1973  telah  dikenal  suatu  teknologi  telepon genggam atau yang sekarang banyak orang sebut dengan nama handphone (HP)
Di  Indonesia  terdapat  dua  teknologi  handphone  yaitu
1.      Global  System Mobile Comunication  (GSM)
kelebihan  adalah suara yang dihasilkan menjadi  lebih  jernih, efsiensi  spektrum  atau  frekuensi  meningkat,  mempunyai  kemampuan optimal sistem yang ditunjukkan dengan kemampuan kompresi dan coding data digital. GSM menggunakan  teknologi enkripsi  (pengkodean) sebelum pesan  suara  dikirimkan  sehingga    keamanan  data  lebih  terjamin.  GSM beroperasi pada frekuensi 900 – 1800 MHz
2.      Code Division Multiple Access (CDMA)
Salah satu kelemahan sistem CDMA adalah cakupannya yang terbatas karena  menggunakan  frekuensi  1900  Khz.  Berbeda  dengan  GSM  yang menggunakan frekuensi 900 – 1800 MHz.  Semakin tinggi frekuensi, semakin kecil jarak yang bisa di-cover oleh sebuah Base Transceiver Station (BTS).
Ü  Faksimili (Faks) ditemukan  oleh Alexander  Brain  pada  tahun  1843.  Faksimili berasal dari kata facsimile yang artinya menyalin sama persis dengan aslinya. Faksimili digunakan untuk menerima dan mengirim  informasi melalui  telefoto dengan  sistem  reproduksi  fotograf  sehingga  memungkinkan  kita  dapat mengirimkan salinan  isi suatu halaman, baik berupa  tulisan maupun gambar ke mesin  faksimili  lain melalui  saluran  telepon  dalam  hitungan menit.
Ü  Radio Tehnik menumpangkan sebuah sinyal di sinyal yang lain dikenal dengan istilah modulasi. Ada beberapa tehnik modulasi yang sering digunakan, yaitu modulasi amplitudo (Amplitude Modulation, AM), dan modulasi frekuensi (Frequency Modulation, FM).
Ü  Pocket PC (PDA) Pocket PC sering disebut sebagai komputer mini karena bentuknya yang kecil dan dapat dibawa ke mana-mana. Selain  itu, disebut  juga dengan nama  PDA  (Personal  Digital  Assistants)  yaitu  sebuah  komputer  seukuran telapak  tangan  yang  dapat  digunakan  untuk  menyimpan,  mengakses  dan mengorganisasi informasi.
Ü  LCD  (Liquid  Crystal  Display)  Projektor  adalah  alat  penyampai  informasi dengan cara menampilkan informasi tersebut dalam sebuah presentasi di layar yang besar sehingga pesan yang disampaikan terasa lebih menyenangkan bagi penerimanya.  Biasanya  alat  ini  memperoleh  input-nya  dari  sebuah  fle  yang dibuka pada aplikasi komputer atau laptop
Ü  Komputer
Beberapa jenis Komputer yang ada disekitar kita antara lain :
a.       Komputer Personal (Personal Komputer/PC)
      Peralatan ini terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) Komputer jenis ini sering disebut desktop, karena sering diletakkan diatas meja (desk)
b.      Laptop/Notebook
      Laptop adalah jenis lain dari Komputer. Lap berarti pangkuan, karena Komputer jenis ini bentuknya ramping sehingga mudah dijinjing. Laptop sering disebut juga Notebook.
c.       Komputer  Mainframe
      adalah komputer  dengan  ukuran  atau bentuk  yang  cukup  besar
Ü  Satelit adalah alat komunikasi yang diletakkan di luar angkasa, berputar mengelilingi orbit tertentu di atas bumi. Bangsa Indonesia merupakan Negara berkembang yang pertama memiliki satelit sendiri yaitu Satelit Palapa yang diluncurkan pada tanggal 9 Juli 1976
Ü  Modem adalah alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog dari kebel menjadi sinyal digital dan sebaliknya.
Ü  Internet adalah  kependekan  dari  Interconnected  Network  atau  jaringan Komputer yang saling terhubung satu sama lain di seluruh dunia. Sejarah intenet dimulai  pada  1969  ketika  Departemen  Pertahanan  Amerika,  U.S.  Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset  tentang  bagaimana  caranya  menghubungkan  sejumlah  komputer sehingga membentuk  jaringan organik. Program riset  ini dikenal dengan nama ARPANET

Tidak ada komentar:

Entri Populer